Circus

Sirkus merupakan salah satu hal yang paling menarik, menurutku.

Sesuatu tentang berada di tenda raksasa yang biasanya berwarna kuning dan sedikit berjamur dan selalu berdebu, duduk berdesak – desakkan dengan orang sebelahmu hingga kau bisa mencium sedikit dari apa yang mereka makan siang tadi serta gabungan dari bau popcorn atau kacang apapun yang dijual eceran oleh stand – stand di pintu masuk tenda selalu membuatmu bertanya – tanya kenapa kau rela berada di tempat seperti itu.

Lalu kau menonton semua pertunjukannya.

Melihat akrobat – akrobat dengan tubuh dan tulang terlalu lentur dan bertanya – tanya bagaimana mereka bisa melakukan hal itu dengan sendi – sendi itu.

Melihat gajah dan singa dan entah hewan apa lagi melakukan hal – hal berbahaya secara cukup jinak. Mungkin sekali lecutan cambuk di sini dan sana lalu *BAM!* mereka melakukannya dengan sempurna.

Melihat badut – badut yang mengundang tawa beberapa orang dan tahun – tahun terapi bagi orang – orang lainnya. *Serius. Badut itu sebenarnya agak mengerikan, terutama ketika kamu sudah bertambah tua.*

Melihat pesulap – pesulap. Lompatan sempurna di udara. Salto berkali – kali. Pengendara motor tancap gas untuk melewati sebuah jurang.

Setelah itulah, hanya untuk beberapa saat, kamu akhirnya akan lupa akan orang yang duduk di sebelahmu dengan pahanya yang menempel sedikit terlalu banyak agar nyaman. Atau bau popcorn murahan yang tadi membuatmu mual. Atau bagaimana tempat dudukmu berderik sedikit tiap kali kau menggeser posisimu. Atau sedikit bagian permen karet yang entah bagaimana menemukan dirinya di bawah sepatu favoritmu.

Dan kamu akan keluar dari tenda raksasa yang berwarna kuning itu, menghirup udara malam dengan lega, dan bertanya – tanya kapan sirkus berikutnya akan datang.

Karena sesungguhnya kita semua hanya ingin merasakan sedikit keajaiban yang tidak dapat dijelaskan dan familier itu, di kehidupan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s