Review : Beberapa Manga yang Bakal Membuatmu Gagal Tidur

Hai semua!

Jadi belakangan ini teman – temanku masuk kuliah dan menjalani ospek – ospek yang memakan waktu. Berhubung aku masih belum mulai kuliah, aku terdampar sendirian tanpa orang untuk diajak chat dan tanpa kerjaan. (Sebenarnya ada banyak sih, nonton TV, nonton film, nonton serial, belajar bahasa, nulis novel yang sudah aku janjiin dari dulu tapi nggak selesai – selesai, BANYAK, tapi kok rasanya ga ada kerjaan mulu ya)

Anyway karena aku selalu bosan, aku memutuskan kapan hari untuk membaca manga – manga horror. Sayangnya kebanyakan telah kubaca dan forum untuk manga horror tampaknya selalu sangat sedikit di internet. Jadi dari situlah aku memutuskan untuk membuat review ini. Berikut adalah beberapa manga yang akan membuatmu gagal tidur! (Atau jika kamu kebal horror, setidaknya membuatmu merinding sedikit)

*PERLU DICATAT SEBELUM MEMULAI REVIEW INI : *

Semua manga yang kucantum disini memiliki genre / topik horror. Beberapa bahkan memiliki peringatan tidak untuk anak di bawah 18 tahun karena mengandung kekerasan dan gore. Jika kamu nggak ngerti gore itu apa, sebaiknya jangan baca manga – manga berikut ini. 

post-45209-lorax-you-have-been-warned-gif-1gum

Semua manga yang kureview disini telah kubaca dan meski tidak semuanya selalu benar – benar menakutkan (apalagi jika kamu sudah sering baca horror seperti aku) setidaknya aku mencantumkan yang memiliki sedikit plot twist atau moral di akhir cerita.

Semua manga disini BUKAN MILIKKU DAN AKU TIDAK MEMBELINYA, dan aku akan memberi link dari manga – manga ini ke website online manga dalam Bahasa Inggris. Nama websitenya kissmanga.io

*SEKIAN CATATAN PENTING SEBELUM REVIEW*

  1. Jenis manga horror favoritku adalah yang merupakan kumpulan one shot yang tidak terkait satu sama lain. Jenis – jenis ini tidak memiliki gore yang tinggi tetapi cenderung fokus kepada plot twist di akhir dan moral cerita. Semacam pelajaran bagi anak – anak… tetapi dengan kematian jika kamu salah langkah.

    Salah satu dari jenis manga ini yang paling kusukai adalah Shiranui Kitanroku –terutama karena kebanyakan karakter di manga itu tidak melakukan kesalahan apa – apa tetapi tetap berakhir tragis.

    97d771a4e93c73b242ab0f6150ba2de7

    Jika kamu menyukai jenis ini, kamu mungkin akan menyukai :
    13 Nin no Short Suspense Horror : Kumpulan cerita singkat yang kadang tidak masuk akal, tetapi kadang berhasil membuatmu kaget akan perubahan plotnya yang drastis.

    Jigoku Shoujo : alias Hell Girl yang juga memiliki anime terkenal. Jujur saja menurutku manganya tidak cukup mengerikan.

    Screaming Lessons : Bayangkan serial TV anak – anak yang umum, satu anak tidak mau melakukan sesuatu yang baik seperti menghabiskan makanannya atau menuruti orang tuanya. Lalu ia menyadari kesalahannya, menyesal dan mulai melakukan apa yang harus ia lakukan– dan episode berakhir dengan moral cerita. Begitulah Screaming Lessons, hanya ending tiap episode tidak selalu sebahagia itu.

    Chiller : Kumpulan webtoon dari berbagai mangaka. TIDAK UNTUK YANG LEMAH JANTUNGNYA! Semua webtoon memiliki sfx dan animasi yang  berpotensi jumpscare. Jika kalian tahu ‘Bong Cheong Dong Ghost’ yang terkenal dan membuatku sakit jantung seketika dan nyaris menangis saking kagetnya.  Selamat! Anda telah menemukan tidak hanya 1, tidak hanya 2, tetapi 37 cerita horror yang sepantaran menakutkannya dengan webtoon tersebut!

    maxresdefault
    Jika kalian mengenali halaman ini, kalian pernah serangan jantung dan hidup kembali

    ‘Bong Cheong Dong Ghost’ ada di chapter 22 jika ada yang mau ngeskip seperti aku.

    Khusus untuk Chiller, aku memberi link langsung ke line webtoon yang juga sudah mentranslate beberapa chapter ke Bahasa Indonesia. Silakan mencari webtoon -webtoon horror dari genre di web tersebut, semua sangat menarik!

  2. Setelah kumpulan one shot tadi, sekarang aku akan mengurutkan one shot – one shot yang menurutku lebih memiliki level horror yang tinggi.
    • Human Chair : Karya dari Junji Ito yang memiliki titel ‘ The Prince of Horror’ karena dedikasinya untuk menulis cerita – cerita horror yang kreatif dan sangat menganggu. Kamu akan kesulitan duduk di kursi biasa setelah ini.
    • 12 O’Clock Bell Rings : Sebuah plot twist dari Cinderella yang sangat menarik! Ini termasuk manga yang memiliki gore yang banyak dan dilabel hanya untuk usia 18 ke atas.
    • Covered in Cinders : Jika manga sebelum ini adalah plot twist dari Cinderella, Covered in Cinders lebih ke arah manga dari cerita asli Cinderella yang sesungguhnya. Sesungguhnya disini bukan dalam arti cerita versi Disney, tetapi benar – benar sesuai dengan ceritanya Brothers Grimm. Jika  12 O’Clock Bell Rings kulabel dengan memiliki gore banyak, Covered in Cinders kulabel dengan gore yang membuatmu tidak akan pernah mual membaca gore lain. Salah satu manga yang akan selamanya kuajukan jika ditanya manga paling menakutkan yang kubaca.

      giphy3
      I know that feel, Bruce Lee…
    • A Brooding Gloomy Property : Tampaknya tidak akan pernah akan ada yang namanya kekurangan untuk cerita horror berbasis apartemen. Terutama jika apartemen itu kosong dan kamu sendirian yang tinggal di situ. Jagalah keamanan kalian gaes! Jangan mau tinggal di apartemen yang tidak jelas, ya!

      e000-01

    • Kaeri Michi : Pernah takut ketika jalan kaki sendirian? Jangan khawatir. Kita semua pernah. Dan manga ini dengan sangat luar biasa menggambarkan ketakutan irasional dan memberinya bentuk.

     

  3. Aku akan mengakhiri review ini dengan serial manga horror :
    Goth : Sebuah serial tentang sepasang remaja cewek-cowok yang memiliki rasa cinta kepada hal – hal berbau pembunuhan.Meski tidak terlalu horror, manga ini memiliki gore yang lumayan tinggi.

    Mimi no Kaidan : Serial manga ini memiliki protagonis bernama Mimi yang tampaknya sial terus karena tiap kali pindah rumah atau berpetualang, ia selalu berakhir bertemu dengan mahkluk halus. Setidaknya ia cukup pintar untuk segera kabur begitu hal – hal gaib berusaha menggeretnya ke dasar neraka.

    mimi-no-kaidan
    Perempuan ini harus mendapat penghargaan karena kesabarannya menghadapi bullshit di hidupnya.

    School Ningyo : Salah satu manga horror yang memiliki serial yang cukup banyak, School Ningyo bercerita tentang anak – anak cewek yang dengan bodohnya lebih memilih cara mengontak mahkluk halus di sekolah mereka dan berusaha membunuh putri duyung demi mendapatkan pacar ketimbang PDKT normal. Anak – anak jaman sekarang! *ckckck* Mohon jangan ditiru.

    Kiben Gakuha, Yotsuya Senpai no Kaidan : Salah satu manga yang sangat menyenangkan untuk dibaca karena lebih ke arah komedi ketimbang horror haha.. meski begitu bagian – bagian horrornya tetap cukup menyeramkan jadi aku tetap memasukkannya ke list ini.
    buntarou-yotsuya-full-1038489

Sekian review atau usulan manga atau apapun lah ini! Selamat membaca dan jika kalian memiliki usulan manga horror atau manga lain yang menarik, beritahu aku di komen ya 😀

Peace out!

Advertisements

6 thoughts on “Review : Beberapa Manga yang Bakal Membuatmu Gagal Tidur

Add yours

    1. Meski beberapa manga dan penyuka manga kurang bisa menunjukkan contoh manga dengan mutu yang bagus, manga sendiri menurutku merupakan bentuk seni 😀 haha. Mungkin karena waktu kecil umumnya orang – orang membaca cerita bergambar juga jadi manga, komik atau novel bergambar lainnya juga masih memiliki banyak peminat 🙂

      Liked by 1 person

  1. temen2nya pada ospek? berarti baru lulus SMA ya? aku juga ><
    btw i highly recommend tokyo ghoul yg versi manga. itu plot nya seni banget…

    Like

    1. Iyaa barusan lulus! Aku pernah membaca tokyo ghoul yang chapter awal – awal sih.. lalu kena kerjaan sekolah makanya berhenti lalu belum lanjut. Makanya nggak aku masukin di list ini hehe ><

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Powered by WordPress.com.

Up ↑

Misty Angel

Whispers in the woods

Field of Thoughts

I hereby sow my thoughts and interests here.

Talanimo

Where all thoughts are spoken

Teras Rumah

Bercerita di sini

Hilda Punya Cerita

Temukan ceritamu di sini!

PG16

Teknologi Cinta

Sebuah Kisah

cinta. perjalanan. kenangan

BEYOND MY MIND

by Feratry Salindri

Bibliophile

Seorang anak kecil pun bahagia ketika bisa membaca dan menulis

%d bloggers like this: