Review : If Cats Disappeared from the World + Movie Link!

Hei semua! Untuk sementara aku kembali ke Indonesia dan waktu perjalanan balik di pesawat aku memutuskan untuk menonton film daripada tidur. (Alhasil di kegelapan pesawat, di antara orang – orang tidur, aku satu – satunya kursi dengan lampu menyala dan memakai headset). Aku pilih film ini karena judulnya menarik.. dan aku senang aku memilihnya.

Mari kita bahas ‘If Cats Disappeared from the World’.

if_cats_disappeared_from_the_world_poster

Data film :
Judul :  If Cats Disappeared from the World (世界から猫が消えたなら Sekai kara neko ga kietanara)
Sutradara : Akira Nagai
Tahun keluar : 2016
Genre : Drama
IMDB Rating : 7.4/10

Trailer : (OKE NOTE PENTING SEBELUM KAMU NONTON TRAILER INI! Aku tidak menonton trailernya sebelum menonton filmnya dan jujur saja aku merasa trailernya menunjukkan beberapa adegan di tengah – tengah film. Tidak ada spoiler di trailernya, untungnya tetapi jika kamu tipe yang sangat tidak suka melihat bagian tengah dari film di sebuah trailer, lebih baik jangan menontonnya.)

Film asal Jepang ini diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama oleh Genki Kawamura, dan mengisahkan sebuah kehidupan seorang pengantar pos yang penyayang kucing. Sayangnya, dari awal film dia didiagnose dengan sebuah penyakit fatal dan akan segera mati. Sepanjang film kita ikut dengan petualangannya di hari – hari terakhirnya dan menonton seluruh kehidupannya dengan alur maju-mundur .

Meski awalnya agak membingungkan, kamu bakal menemukan semacam pola maju-mundur yang sama dan akan segera mengerti apa yang film ini berusaha tunjukkan. Aku sangat senang bahwa meskipun mengangkat topik kematian dan pertanyaan – pertanyaan filosofi, film ini tetap memberikan penjelasan  yang masuk akal dan semacam perasaan penuh harap di akhir– sesuatu yang jarang muncul jika kita membahas kematian.

Film ini cocok untuk malam – malam yang dingin dimana kamu mau sedikit berpikir dan bersimpati dengan karakter – karakter yang sederhana tetapi melekat di kepala. Siap – siap diserang dengan perasaan romantis terhadap benda-benda mati dan keinginan untuk memelihara kucing yang bakal membludak setelah menonton film ini.

ifcatsdisappeared2-1600x900-c-default

Jika kamu suka cowok yang sayang kucing, kamu bakal jatuh hati sama si pengantar pos

Tipe film yang cocok untuk seorang yang suka membaca buku! Selain plot-nya yang menarik, aku juga suka dengan sinematografinya. Berasa ingin ke Jepang setelah selesai menonton, haha.

Ratingku : 3.5/5. Aku suka dengan film – film seperti ini. Tidak terlalu berat tetapi cukup meninggalkan kesan. Tidak terlalu rumit tetapi tidak murahan. Karakter – karakter sederhana tetapi manusiawi dan nyata. Mungkin bukan film terbaik yang pernah ada, tetapi menurutku super layak untuk ditonton setidaknya sekali!

giphy3

LANJUTKAN

Jika kamu mau menontonnya dengan gratis, aku menemukan filmnya di link ini dengan subtitle Bahasa Inggris.

Selamat menonton!

2 thoughts on “Review : If Cats Disappeared from the World + Movie Link!

Leave a Reply

