Internet Drama and Media

Hei! Jadi aku seharusnya belajar tapi aku merasa aku perlu menulis sesuatu tentang hal ini karena aku kepikiran terus. Kali ini aku akan menulis dengan Bahasa Indonesia karena yang membahas ini dengan Bahasa Inggris sudah jauh lebih banyak dan jauh lebih bagus penjelasannya.

Aku merasa ini sesuatu yang harus aku katakan kepada sesama orang Indonesia yang mungkin tidak mengerti apa yang sedang terjadi dan kenapa hal ini sebenarnya sebuah masalah yang sangat besar di mataku.

Masalah ini berhubungan dengan drama di internet, pemberitaan media, pencemaran nama baik, miskomunikasi dan sangat banyak opini yang semua ada benarnya tapi merasa diri paling benar. Asik

Pada 16 November 2016 aku menulis sesuatu tentang Pewdiepie dan kenapa aku merasa bahwa ia sudah tidak bahagia lagi dengan Youtube dan kenapa comment dan pressure dari internet itu sangat berbahaya bahkan kepada seseorang yang sudah terbiasa dengan hate comment dan popularitas karena nomor 1 di youtube.

Beberapa minggu kemudian, Pewdiepie membuat banyak aksi – aksi gila dan terlibat drama demi drama yang tampaknya semakin parah.

giphy

kapan dramanya selesai?!

Aku berkata di post-ku bahwa aku mendukung Pewdiepie meski belakangan tidak menonton video-nya karena menurutku tidak menarik lagi. Tapi aku masih menjadi subscriber-nya alias seorang bro. Aku berkata hari ini bahwa aku sudah un-subscribe sejak beberapa bulan lalu karena aku tidak setuju dengan hal – hal yang ia lakukan dan semakin merasa ia tidak bahagia dengan Youtube.

Jadi! Apa yang sebenarnya terjadi?

Pertama, Pewdiepie memiliki reputasi yang cukup jelek di media SEJAK AWAL. Dan dia tahu. Beberapa tahun lalu (2012? 2013?) ia dituduh ‘hanya melakukan youtube karena mencari uang’ dan hal – hal lain. Pewdiepie lalu membuat video berkali – kali untuk mengatakan ia minta maaf dan menjelaskan ulang apa maksudnya dari kalimat – kalimat yang sudah ia katakan. Ini bukan sesuatu yang baru, beberapa jenis media mengambil kalimat dan sering memutarnya sehingga terdengar jauh lebih buruk dari sebenarnya.

Belakangan, kurasa Pewdiepie semakin sadar bahwa sedikit tidak berguna untuk membela dirinya dan semakin menjerumuskan diri ke jokes yang edgy , dark humor   dan apapun yang memberi efek shock kepada penonton. SEBENARNYA jika kamu menonton videonya kamu bisa mengerti bahwa ia mengatakan hal – hal itu sebagai LELUCON dan secara SARKASTIK. Hal – hal ini termasuk ‘Youtube sedang membunuh channel-ku karena aku orang kulit putih!’, ‘Aku akan mendelete channelku ketika aku mencapai 50 juta subscribers’, dan ia pernah membayar seseorang menggunakan website Fiverr dimana kamu membayar orang 5 USD untuk melakukan sesuatu. Ia membayar 2 orang dari India untuk mengangkat kertas bertuliskan ‘Death to All Jews’ atau ‘Kematian kepada semua orang Yahudi’.

tumblr_mb9pppewsz1r137jo

Kurang lebih reaksi kebanyakan orang terhadap video – video pewdiepie belakangan.

Terdengar parah? Lumayan. Itulah kenapa aku tidak lagi subscribe kepadanya karena aku merasa topik – topik ini tidak layak bahkan sebagai lelucon.

Tapi dengarkan aku dulu. Di akhir tiap video atau bahkan di video lain, ia selalu membuat penjelasan bahwa semuanya hanyalah LELUCON (jika tidak terlihat dari caranya mengatakan hal – hal dengan sangat overdramatis untuk menunjukan ia sedang bercanda). Ia memiliki 2 channel, 1 yang ia buat untuk lelucon dan itu yang ia delete ketika ia mencapai 50 juta subscribers. Untuk masalah 2 orang India itu, ia sempat shock dan SEKETIKA meminta maaf dan berkata ia tidak menyangka mereka bakal melakukannya.

Kebanyakan lelucon yang ia lakukan adalah untuk mengkritik seseorang dan internet secara keseluruhan. Alasan ia menggunakan Fiverr adalah untuk menunjukkan bahwa ‘Lihat, internet sangat terbuka sekarang. Tidakkah ini salah? Bahwa aku bisa melakukan ini dan membayar orang – orang untuk melakukan hal – hal seperti ini?’ 

Sayangnya, tidak semua orang menonton video – videonya dan mengerti apa maksudnya. Untuk waktu yang lama, terjadi drama antara Pewdiepie dan Fiverr dan banyak fans-nya yang kecewa bahwa ia tetap mengpost video tersebut. Setelah beberapa minggu, masalah itu akhirnya reda dengan Fiverr mengembalikan account – account orang yang diblock karena masalah Pewdiepie dan Pewdiepie juga membuat beberapa video yang menjelaskan apa maksud aslinya.

Tampaknya masalah sudah selesai kan? NOPE.

Minggu lalu, WSJ/ Wall Street Journal mempublikasikan sebuah artikel yang berkata Pewdiepie adalah seorang Nazi yang rasis dan membuka ulang semua masalah Fiverr ini. Berhubung ini adalah channel berita yang cukup terkenal, situasinya kembali meledak dan semakin banyak orang mengkritik Pewdiepie.

Ini mendorong Disney yang membiayai Maker Studios (yang bekerja sama dengan Pewdiepie) untuk melepaskannya dan Youtube meng-cancel ‘Scare Pewdiepie’ Season 2 dari Youtube Red. Yep. Show yang membuatku menulis post pertamaku karena Pewdiepie sangat stress dan ingin show-nya bagus itu dibatalkan.

Jadi bayangkan aku bangun pagi, membuka tumblr dan twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi dan menemukan lautan opini yang saling menyerang dan hashtag – hashtag melawan satu sama lain.

7ihlwmh

“apa – apaan ini?!”

Secara singkat ada tim yang menganggap Pewdiepie tidak melakukan apapun yang salah(semuanya hanyalah guyonan, media yang salah karena membuat masalah ini terjadi)

Ada tim yang menganggap Pewdiepie SALAH TOTAL dan sudah  pantas ia dipanggil seorang rasis karena ia berkata ‘Death to All Jews’ dan tidak peduli bahwa ia sudah meminta maaf.

Ada juga tim yang menganggap Pewdiepie salah karena mengpost video – video itu dan seharusnya lebih dewasa TETAPI juga setuju bahwa media juga salah karena menulisnya dengan label rasis ketika ia hanya bercanda.

Dan ada banyak tim lain tetapi kebanyakan orang yang sangat vokal adalah 3 tim tersebut. Situasi ini semakin parah dengan teman – teman Pewdiepie yang membuat video dan post di twitter yang mendukungnya/membelanya.

Aku harus berkata bahwa membaca komentar – komentar orang mengenai hal ini itu super mengintimidasi. Aku tidak heran bahwa banyak orang berkata mereka takut dengan situasi ini.

fgzstg

y u so mean internet?

Pewdiepie melakukan kesalahan. Aku tahu maksudnya hanyalah untuk bercanda dan ia tidak bermaksud memojokkan ras tertentu, tetapi ia seharusnya tidak melakukan hal – hal yang ia lakukan. Ia melakukan kesalahan dan ia tahu dan ia telah membuat video untuk berkata bahwa ia meminta maaf.

Tapi Felix Kjellberg sebagai seorang manusia tidak berhak untuk dilabel dan dicemooh di media massa. Kamu tidak harus setuju dengan Pewdiepie tetapi kamu harus menyadari bahwa di balik semua itu hanyalah 1 orang dan apa yang ia lakukan di channelnya belum tentu adalah refleksi dari dirinya. ‘Ia membuat lelucon – lelucon yang tidak bagus!’ Aku setuju! Tapi ia juga telah melakukan banyak donasi dan kegiatan amal dan tiap kesalahan yang ia buat ia selalu meminta  maaf.

Media massa melakukan kesalahan. Mereka membuat berita yang mencoreng nama baik seseorang dan membuat kekacauan di social media. Mereka tidak seharusnya membuat click-bait hanya demi views. Tapi ini media. Ini sesuatu yang sudah sering terjadi dan aku yakin akan masih terjadi :/

Disney dan Youtube memiliki hak untuk melepas kerja sama dengan Pewdiepie. Mereka adalah perusahaan – perusahaan yang harus menjaga nama baik dan sesuatu seperti ini sangat berbahaya bagi mereka. Apa yang mereka lakukan cukup rasional di situasi ini. Satu -satunya hal yang aku merasa cukup aneh adalah Season 2 yang di-cancel karena Youtube pasti mengeluarkan biaya untuk show itu dan banyak fans yang sudah menanti season ini. Aku merasa agak sia – sia jika mereka hanya membuangnya, jadi aku cukup yakin pasti mereka memiliki rencana lain.

Aku berharap bahwa ini menjelaskan apa yang sedang terjadi dan kenapa MEMBACA DAN BENAR – BENAR MENGERTI SESUATU SEBELUM BEROPINI TENTANGNYA SANGAT PENTING. Dan ketika kamu beropini, ketahuilah bahwa PASTI ada orang lain yang memiliki opini lain, dan kamu tidak bisa melakukan apa – apa tentang itu jadi HARGAILAH MEREKA dan JANGAN MENJATUHKAN ORANG LAIN.

Word-countku sudah 1000 lebih jadi aku merasa siapapun yang membaca ini sampai habis berhak mendapat gif yang benar – benar mendeskripsikan apa yang kurasakan

giphy2

2 thoughts on “Internet Drama and Media

Leave a Reply

