White Day

Halo!

Seperti sudah kujanjikan di post tentang bulan Maret, aku akan membahas tentang White Day!

31075086365648208063

White Day jatuh persis sebulan setelah Valentine’s Day yaitu 14 Maret. Valentine’s adalah hal yang cukup umum di mana – mana sekarang, entah karena perusahaan – perusahaan yang menemukan kesempatan untuk menjual bunga/coklat/boneka dan memaksa orang untuk mengadakan acara khusus di tempat berkelas.. atau memang orang – orang terdorong untuk semakin menyebar cinta, kita mungkin tidak akan pernah tahu.

 

White Day, di sisi lain,tidak seterkenal Valentine’s Day. Kebanyakan bahkan akhirnya menganggap White Day bisa dihilangkan karena kedua belah pihak sudah merayakan di Valentine.

Sebenarnya Valentine’s Day adalah waktu bagi seorang perempuan untuk memberi hadiah kepada yang lelaki. Si lelaki lalu membalas hadiah para perempuan ini sebulan kemudian. Nggak tahu apakah mereka mikir kadonya butuh deliberasi berat atau mereka nggak peka banget sampe butuh segitu lama, pokoknya White Day adalah hari dimana si lelaki membalas kado yang diberi yang cewek.

Kebiasaan ini tidak dijalankan di seluruh dunia tetapi hanya di Korea Selatan, Jepang, Cina dan Vietnam. (Mungkin beberapa negara seperti Indonesia juga kecipratan sedikit). Di negara – negara ini, memberi kado balasan kadang bukan untuk membalas perasaan tetapi sebagai bentuk kewajiban. Contoh: kepada sesama rekan kerja atau teman sekelas sebagai bentuk rasa hormat.

Kebiasaan ini juga ada sejak dulu banget, tepatnya 1977 dimana sebuah perusahaan Jepang bernama Ishimuramanseido membuat kampanye marketing dimana mereka berkata lelaki harus membalas kado Valentine’s para kaum hawa dengan marhsmallow putih bikinan mereka. 14 Maret disebut dengan Marshmallow Day. (Lebih lucu nggak sih. Sayang akhirnya White Day).

Sekarang kado yang umumnya diberi adalah coklat/cake berwarna putih, coklat biasa, bunga, perhiasaan, dan lingerie putih (ASEK).  Selain itu ada aturan tidak tertulis dimana si lelaki harus membalas dengan kelipatan 2/3. Bondo sekali – sekali gitu mungkin,ya?

Tapi pentingkah semua ini? White Day adalah alasan lain untuk dapat coklat, dan itu yang semua orang mau dengar.

“Ros aku jomblo?”
“Ros aku cowok, gak ada yang ngasi aku coklat?”

Jangan kuatir! Aku ada hari raya lain yang bisa kalian rayakan DAN masih jatuh di tanggal 14 Maret juga!

Katakan halo kepada…. Pi Day! Pi? Pi yang 3.14 atau 22/7 atau  π ??

Yep. Selamat ya.

Hari ini dirayakan oleh matematikawan di seluruh dunia dengan memakan fruit pie karena pi dan pie mirip.

Jadi ada alasan buatmu untuk membeli pie atau coklat di tanggal 14 Maret, tanpa peduli kamu jomblo atau taken atau selingkuh atau lagi ngecas HP.

Sampai jumpa di post berikutnyaa, byeee!

 

 

Advertisements

3 thoughts on “White Day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s