WC#09: 1 Tempat yang Kamu Pernah Kunjungi

Hei semua!

Aku harus mengaku sesuatu.. aku sudah menghindari writing challenge yang ini karena meskipun aku pernah liburan ke beberapa tempat dan pernah diseret studi ekskursi sama sekolah ke berbagai desa di dalam dan luar kota…. aku tidak pernah benar – benar mengingat tempat – tempat yang kupergi.

90% hidupku adalah di atas tempat tidur di dalam kamarku, di depan laptop. Terdengar membosankan tapi aku bahagia dengan itu, sialan!

panda-office

Aku menduga suatu hari orang tuaku bakal datang dan melakukan ini

Tapi tidak masuk akal jika aku tidak memiliki satu tempat yang pernah kukunjungi dan meninggalkan memori yang mengesankan.

Jadi kamu tahu apa?

Katakan halo ke Ripley’s Believe It or Not Pattaya, Thailand.

ripleyspattaya

Jadi ada alasan kenapa aku berusaha keras menghindari tempat ini untuk kubahas. Pertama, aku pergi ke Pattaya dengan tour besar bersama keluargaku. Aku waktu itu kelas 4 SD, dan ingatanku tentang tour itu cuma aku makan telur dadar tiap hari karena tidak bisa makan tom yam pedas.

Selain telur dadar, aku juga cuma bisa ingat Ripley’s Believe It or Not. Bukan karena saking menakjubkannya.. tapi karena di kepala seorang diriku yang berumur 9/10, tempat itu adalah gudang untuk mimpi buruk.

Ceritanya aku diajak ke tempat ini bersama kakak – kakakku dan kakak – kakak sepupuku. Aku yang paling muda, beda setidaknya 6 tahun dari mereka semua, sehingga orang tuaku waktu itu cuma ‘meh, sana bersenang – senanglah’.

Aku awalnya semangat maksimal, tidak peduli fakta bahwa aku capek dan setengah mengantuk. Kita masuk ke dalam museum itu setelah makan malam setelah seharian di luar seperti jadwal tour yang luar biasa padat seperti biasa.

Yang tidak kutahu adalah bahwa museum ini bukan museum biasa tapi sebuah museum penuh fakta – fakta gila dan sulit dipercaya.

Terdengar keren? Lumayan.

Tapi di mata seorang anak umur 10?

AKU KETAKUTAN.

hqdefault

Pintu masuk ke mimpi – mimpi burukku

Meskipun aku nggak paham waktu pertama masuk, aku cepat mengerti bahwa semua yang ada di museum itu pernah terjadi dan dijelaskan secara detail dengan patung/alat bantu lainnya. Yang awalnya keren tak lama kemudian jadi sedikit mengerikan.

Cardboard orang tertinggi di dunia dan aku cuma sekitar pahanya. Penjelasan mengenai hologram yang seperti hantu. Figurin – figurin ikan di dasar laut paling dalam. Boneka mahkluk yang diduga alien.

Mungkin jika aku ke sana sekarang aku bakal tertarik dan membacai semuanya dengan antusias. Tapi dulu? Waktu aku di sana? Aku melewati ruang demi ruang, bersama gerombolan yang kupanggil keluarga itu jalan dengan kecepatan terpelan di dunia.

giphy

Aku terlalu keren untuk menangis jujur saja, bahkan sejak umur 10 tapi aku benar – benar pingin pulang

Ketika kita AKHIRNYA pulang, melewati jalan – jalan di sebelah club – club malam, aku masih setengah trauma sementara kakak – kakakku tanya ‘Kamu gpp?’ dan aku cuma bales ‘Iya kok haha cuma ngantuk.

giphy

Ketika akhirnya sampai di hotel, aku tidak bisa tidur.

Entah kasur super keras yang kutiduri, pipa – pipa super keras di balik dinding yang persis di sebelahku, atau fakta bahwa aku baru saja melewati neraka di dunia  museum penuh fakta – fakta paling aneh sedunia, pokoknya aku nggak bisa tidur.

Dan itulah cerita bagaimana aku kesulitan tidur selama setidaknya beberapa hari setelahnya dan jika ingat pengalaman itu masih setengah bergidik.

Jujur saja sekarang aku sedikit penasaran bagaimana reaksiku jika aku ke sana lagi. Aku cukup yakin aku tidak bakal setakut itu dan malah lebih penasaran dengan semua fakta – fakta unik di sana.

Apakah kalian pernah pergi ke suatu tempat dan suka dengan tempat itu? Atau menyesal 100%? Tinggalkan komen kalian 😀

Leave a Reply

