WC #13: Takhayul/Mitos yang Kamu Percayai

Hei ho!

Kembali denganku di Writing Challenge dengan angka yang tampaknya sial menurut beberapa mitos. DUNDUNDUNN

Jadi kurasa topik yang tepat hari ini adalah : Tahkayul/Mitos yang Kamu Percayai!

Sebenarnya mitos datang dari bahasa Yunani ‘Mythos’ yang berarti cerita, terutama yang berhubungan dengan asal usul, sesuatu yang mungkin dulunya benar tapi lalu jadi dilebih – lebihkan dan akhirnya terdengar fiksi. Beberapa mitos juga hanya kepercayaan kuno yang tetap dijalankan hingga sekarang karena kebiasaan. Tapi ada juga beberapa yang tidak masuk akal seperti mitos “kalau nggak habis makannya nanti pasangannya brewok’en“. Apa korelasinya coba? Itu mah cuma jurus menakut – nakuti supaya anak – anak langsung habisin makanannya.

Kalau pasanganku brewok‘ennya kayak gini piringku sengaja ga bersih lah ma..

Di post WC sebelum ini, aku bercerita kalau aku suka membaca cerita – cerita horror, kebanyakan yang membuat mitos – mitos sendiri dan aturan – aturan untuk melihat hantu yang akhirnya aku berusaha hindari untuk lakukan. Ada juga beberapa yang tidak berhubungan dengan hantu tapi tetap tidak kulakukan hanya karena aku merasa lebih baik untuk tidak dilakukan.

1.Jangan biarkan kursi kosong kalau malam hari

Aku nggak tahu ini asal usul dari mana, tapi aku pernah baca/dengar kalau kamu membiarkan kursi kosong di kamarmu waktu malam, bakal ada mahkluk halus yang duduk di situ. Jadi tiap malam aku selalu mastiin ada tas atau buku yang ditaruh di atas kursi. Lumayan bodoh seh, memangnya hantu nggak bisa duduk di atas tasnya? Memangnya hantu nggak bisa mindahin bukunya? AH MASA BODOH. 

2. Kalau di hutan jangan mezzo

Ini mitos yang berkata bahwa jika kamu mezzo/mengumpat – umpat di hutan, roh – roh halus bakal menendang kamu keluar dan memasukimu karena mengamuk. Aku orang Surabaya dan aku super bangga dengan fakta itu. Mungkin terlalu bangga karena aku lumayan sering mezzo. UPS.  Tiap kali aku ke desa waktu retret/studi ekskursi sekolah, SELALU ada warga yang mengingatkan untuk menjaga mulut waktu di hutan dan SELALU ada cerita murid tahun – tahun lalu yang ribut/mezzo – mezzo lalu kesurupan atau didatengi penunggu hutannya waktu di mimpi.

Kamu kira aku mau digituin, hah? Sepanjang di hutan aku biasanya menutup mulutku dan tidak berbicara kecuali diajak omong. ‘Ros kok tumben diem?’ FAK AKU MAU NYIMPEN NYAWAKU. “Gpp kok haha.”

3. Jangan gigit kuku

Rupanya ada mitos yang berkata ini bakal mendatangkan malapetaka. Aku sih nggak pernah gigit kuku karena alasan higienis aja, jadi secara teknis aku mengikuti kepercayaan ini untuk menghindari malapetaka dalam bentuk cacing…?

Tolong jangan mulai kebiasaan ini demi usus yang bersih

4. Ketok sesuatu 3 kali kalau ngomongin yang tidak baik supaya tidak terjadi di kehidupan nyata

Contoh : ‘mobilnya dia uda tua nggak sih, kalau kecelakaan *KETOK MEJA TIGA KALI* gimana?’

Rupanya seharusnya ketok kayu supaya beneran penolak bala, tapi nyatanya aku selalu ngetok apapun pokoknya 3 kali haha..

5. Jangan lihat cermin terlalu lama

Ini mah murni mitos dari creepypasta, rupanya sudah dibutki secara ilmiah kalau kamu melihat cermin terlalu lama, otakmu bakal membuat kamu melihat hal – hal yang tidak ada. Aku selalu takut lihat cermin, apalagi kalau malam, karena takut tiba – tiba melihat sesuatu yang seharusnya tidak kulihat.

 

Lumayan yakin nggak bakal liat Justin Timberlake di cermin lagi nyanyi buat aku kalau otakku berhalusinasi..

Yak sekian dari beberapa mitos yang aku percayai!

Komen di bawah mitos – mitos yang kalian tahu dan mungkin aneh! 😀

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

Misty Angel

Whispers in the woods

Field of Thoughts

I hereby sow my thoughts and interests here.

Talanimo

Where all thoughts are spoken

Teras Rumah

Bercerita di sini

Hilda Punya Cerita

Temukan ceritamu di sini!

PG16

Teknologi Cinta

Sebuah Kisah

cinta. perjalanan. kenangan

BEYOND MY MIND

by Feratry Salindri

Bibliophile

Seorang anak kecil pun bahagia ketika bisa membaca dan menulis

