WC #16 :Kamu Ingin Bertambah Baik di…?

Hei semua, kembali lagi di writing challenge!!

Sedikit off topic tapi aku kemaren barusan meng-submit salah satu tugas besarku jadi aku bisa bernapas sebentar, alhasil keluarlah writing challenge ini!

Topik kali ini adalah ‘Kamu Ingin Bertambah Baik di…?’

Jawabannya hanya boleh 1 hal atau bidang, supaya nggak ke mana – mana.

Aku bukan orang yang super-talented di berbagai bidang, sedihnya, tapi aku tetap melakukan beberapa hal yang menurutku aku biasa aja cuma sebagai hobi.

Salah satu hal ini adalah menggambar, aku dari dulu suka menggambar tapi dibandingkan kakak – kakakku, gambaranku super biasa – biasa saja. Aku dulu super minder karena hal itu tapi sekarang aku nggak peduli dan asal gambar aja. Tentu saja aku jarang banget nge-post mereka karena aku masih merasa gambarku nggak pantes buat dipajang di mana – mana apalagi di instagram atau social media yang aku kenal banyak orang.

 

Salah satu alasan aku juga suka menggambar adalah karena ide untuk menulisku JAUH lebih lancar jika aku sudah menggambar karakternya yang ada di kepalaku dulu, aku bisa memvisualisasi personality dan kehidupan mereka lebih baik.

Hal – hal lain yang aku juga tergolong ‘bisa tapi biasa aja’ termasuk video editing, photoshop, masak, jahit menjahit (literally cuma bisa tusuk flanel dan tusuk jelujur), main piano, dannn berbicara bahasa Cina.

Image result for speak chinese gif

Dari daftar itu, aku awalnya mau memilih jahit menjahit karena salah satu impian yang gagal tercapaiku adalah untuk bisa merajut.

AESTHETICCCCC

Sayangnya, aku nggak terlalu telaten dan cenderung nggak rapi sama sekali. Jadi aku nggak pede bisa belajar merajut dengan bagus apalagi kalau cuma via internet. Kenapa nggak les? NULIS BLOG AJA KADANG NGGAK NUTUT APALAGI LES, FAK.

Mungkin suatu hari, tapi untuk sementara, itu hanya mimpi…

Jadi, aku lebih ingin memperbaiki/mempelajari Bahasa Cina.

Waktu aku SD, aku dileskan Bahasa Mandarin dan aku super duper MEMBENCI les itu, karena ayolah, Mandarin itu sulit BANGET. 4 nada? Satu kata dengan berbagai nada bisa berarti beda? Kata yang diucapkan dengan cara yang sama punya cara penulisan beda total? Kalau kata ini ditaruh setelah kata lain nadanya berubah dari biasanya?

Aku nggak bisa mengerti SAMA SEKALI, dan aku merasa aku bisa survive bahkan tanpanya.

Aku baru menyadari pentingnya bahasa itu ketika akhir SMP, ketika aku menonton sebuah video dari Wong Fu Productions yang menggunakan Bahasa Cina. Aku masih bisa mengerti karena mereka memberikan subtitle Bahasa Inggris, dan aku bahkan bisa menangkap beberapa kata di video itu. Aku merasa sedikit bangga dengan diriku sendiri. Tapi aku lalu membaca sebuah komen yang berkata mereka menyayangkan bahwa anggota Wong Fu, yang Asian-American, sangat jarang meng-post video dengan Bahasa Cina padahal mereka keturunan orang Cina.

Komen itu sangat mengubah cara pandangku kali itu (padahal aku sering dengar hal senada itu sepanjang aku tumbuh) dan aku benar – benar merasa malu dengan diriku sendiri untuk pertama kalinya karena aku di posisi yang sama dengan anggota Wong Fu, bahkan lebih parah karena kemampuan berbicara bahasaku jauh lebih rendah dari mereka.

Image result for wong fu productions gif
Makasih Wong Fu karena mengubah cara pandangku

Aku akhirnya pingin belajar Bahasa Cina dari diriku sendiri, dan meminta di-leskan. (yang langsung disetujui dan direstui oleh orang tua yang mungkin mikir ‘KOK GAK DARI DULU SEMANGAT BELAJAR’)

Tapi dengan bahasa, les sekali seminggu hanya bisa improve kemampuanmu dengan sangat pelan, apalagi jika selama seminggu itu kamu nggak latihan sendiri dan memakai bahasanya. Ketika aku harus pindah ke Singapore, aku resmi berhenti dari semua usaha lesku, dan jika disuruh menulis kata ‘pedas’, aku cuma bakal bisa angkat tangan.

Nggak bisa ngomong Bahasa Cina di Singapore itu kadang annoying, apalagi mereka melihat mukaku dan langsung ngerocos bahasanya. AIYO. Lebih parah lagi ketika aku kira – kira bisa mengerti apa yang mereka katakan tapi nggak tahu harus balas apa.

Image result for speak chinese gif

Jadi jika aku mendapatkan kesempatan, aku definitely bakal milih bisa lebih baik dalam berbicara Bahasa Cina. Lagian, tidak pernah ada yang salah dalam belajar bahasa baru!

Apa hal yang kalian ingin improve di kehidupan kalian? Komen di bawah!

Sampai jumpa di post berikutnyaaaa

Leave a Reply

Powered by WordPress.com.

Up ↑

Misty Angel

Whispers in the woods

Field of Thoughts

I hereby sow my thoughts and interests here.

Talanimo

Where all thoughts are spoken

Teras Rumah

Bercerita di sini

Hilda Punya Cerita

Temukan ceritamu di sini!

PG16

Teknologi Cinta

Sebuah Kisah

cinta. perjalanan. kenangan

BEYOND MY MIND

by Feratry Salindri

Bibliophile

Seorang anak kecil pun bahagia ketika bisa membaca dan menulis

